Anggota Kepolisian dari Polres Purwakarta Iptu Kuswari, berhasil menyelamatkan seorang ibu yang melahirkan di dalam mobil Toyota Kijang, di Rest Area KM 88 Jalan Tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi arah Cileunyi, Jawa Barat, Senin, (11/06/2018). Foto: Tribrat

Aksi Heroik Polisi Bantu Pemudik Melahirkan di dalam Mobil

Estimasi Baca:
Senin, 11 Jun 2018 20:31:26 WIB

Kriminologi.id - Anggota kepolisian Polres Purwakarta Iptu Kuswari melakukan aksi heroik kepada seorang ibu yakni Fitri Wilandari yang hendak melahirkan di rest area KM 88 Jalan Tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi arah Cileunyi, Jawa Barat, Senin, 11 Juni 2018 dini hari tadi.

Proses persalinan itu terjadi di dalam mobil Toyota Kijang dengan nopol B 1978 GM yang terpakir di halaman rest area tersebut. Dari tangan Iptu Kuswari, sekitar pukul 03.00 WIB, keluarlah seorang bayi perempuan dari rahim Fitri. 

Peristiwa persalinan itu terjadi ketika Fitri hendak melakukan perjalanan mudik ke Pangandaran, Jawa Barat. Ketika itu, ia sempat di area istirahat yang tersedia di sekitar jalan tol tersebut.

Sekitar pukul 03.30 WIB, dengan dibantu petugas kepolisian yakni Iptu Kuswari, ia melahirkan anak perempuan di dalam mobil. Ibu dan bayi kemudian langsung dilarikan ke RS Bayu Asih Purwakarta.

Menanggapi peristiwa tersebut, Asisten Vice President Corporate Communication PT Jasa Marga Tbk Dwimawan Heru menjelaskan, tugas para penjaga keamanan dalam arus mudik dan balik Lebaran tahun ini, tidak hanya bersifat teknis, seperti mengurai kepadatan kendaraan atau memberikan informasi bagi pemudik saja, melainkan juga menyentuh sisi kemanusiaan.

"Kami juga melayani pemudik yang membutuhkan pertolongan darurat seperti ini (ibu melahirkan)," kata Dwimawan, Senin, 11 Juni 2018, seperti dilansir tribratanews.com.

ntuk menjaga kelancaran pelaksanaan arus mudik dan balik Lebaran tahun ini, Dwimawan menambahkan, selain menerjunkan petugas Jasa Marga, pihaknya juga bekerja sama dengan TNI-Polri.

KOMENTAR
500/500