Rumah kediaman Astri Kristanti Putri, wanita yang tewas usai melahirkan bayi laki-laki di Masjid Nurul Hidyah, Aren Jaya, Kota Bekasi. Foto: Rahmat Kurnia/Kriminologi.id

Astri yang Tewas Usai Melahirkan di Masjid, RSUD: Stres Saat Kontraksi

Estimasi Baca:
Selasa, 27 Mar 2018 18:45:49 WIB

Kriminologi.id - Stres saat kontraksi menjadi penyebab kematian Astri Kristanti Putri (28) usai melahirkan bayi laki-laki di Masjid Nurul Hidayah, Aren Jaya, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Senin, 26 Maret 2018. Stres ini yang memicu tekanan darah tinggi Astri. 

Hal ini diutarakan Kepala Bagian Autopsi Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bekasi Joko. Jenazah Astri dibawa ke RSUD Kota Bekasi untuk dilakukan visum sebelum diberangkatkan ke rumah duka daerah Sumedang, Jawa Barat.

"Akibat (stres) itu menimbulkan pecah di pembuluh darah di kepala," ucap Joko saat dikonfirmasi, Selasa, 27 Maret 2018.

Terkait busa yang keluar dari mulut Astri seperti  yang dijelaskan bidan Puskesmas Aren Jaya, menurut Joko hal itu akibat dari siklus darah tinggi yang menjalar ke saraf otak kecil. "Akhirnya keluar busa dari mulut korban,"katanya.

Sementara itu bayi Astri yang lahir prematur saat usia kandungnya 7 bulan dengan bobot 1,4 kilogram saat ini sedang menjalani perawatan intensif di RSUD Kota Bekasi.

"Kondisi bayi sehat, tapi sekarang dalam perawatan intensif oleh pihak RSUD Kota Bekasi,"singkat petugas RSUD.

Astri Kristanti Putri (28) tewas usai melahirkan di Masjid Nurul Hidayah, Aren Jaya, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Senin, 26 Maret 2018. Astri menutup mata pukul 10.30 WIB. 

Adalah Minda Pribadi (56) marbut masjid yang pertama kali melihat Astri terlentang di lantai dua masjid tersebut. Minda langsung bergegas lari ke puskesmas untuk meminta pertolongan  setelah mendengar jeritan Astri. 

Tidak lama kemudian, empat orang di antaranya dua bidan datang memberikan pertolongan kepada Astri. Dua bidan itu mendapatkan Astri dalam kondisi lemah pada detak jantung yang diperiksa melalui nadi tangan dan leher. 

Bidan itu juga melihat Astri mengeluarkan busa kuning dari mulutnya yang tercium bau obat. Dugaan bidan tersebut, Astri telah mengkonsumsi obat pelicin untuk memperlancar proses persalinan. 

Reporter: Rahmat Kurnia
Redaktur: Syahrul Munir
KOMENTAR
500/500