Beki Afriyanto tersangka pembunuh Dera Dewanti Dirgahayu di Mapolres Boyolali, (29/1/2018) Foto: Ist/Kriminologi.id

Berkas P21, Pembunuh Karyawati Bank Dera Dewanti Segera Disidang

Estimasi Baca:
Rabu, 28 Mar 2018 08:00:33 WIB

Kriminologi.id - Kejaksaan Negeri Boyolali telah menerima berkas perkara pembunuhan karyawati bank Dera Dewanti Dirgahayu yang jasadnya ditemukan dalam keadaan telanjang dengan tangan terikat dan mulut tersumpal di kawasan Waduk Cengklik dari penyidik Polres Boyolali. 

Kepala Seksi Pidana Umum Kejari Boyolali Heru Rustanto mengatakan kejaksaan pada Selasa pagi telah menerima pelimpahan barang bukti dan juga tersangka tunggal dalam pembunuhan itu yaitu Beky Efrianto (21) yang tak lain adalah tetangga korban.

"Kami sudah menerima berkas perkara, barang bukti, dan tersangka dari penyidik," kata Heru di Boyolali, Selasa, 27 Maret 2018.

Heri mengatakan selanjutnya Kejari Boyolali akan menunjuk tim jaksa yang akan membawa perkara tersebut ke pengadilan. Selain itu tim jaksa juga akan memulai pemeriksaan terhadap tersangka untuk melengkapi berkas dakwaan.

"Kami segera mempelajari dan menyempurnakan dakwaannya. Kami segera melimpahkan ke Pengadilan Negeri Boyolali untuk disidangkan," pungkas Heri.

Mayat Dera Dewanti ditemukan di kawasan Waduk Cengklik

Terungkapnya pembunuhan sadis terhadap karyawati cantik tersebut berawal dari penemuan mayat perempuan dalam keadaan bugil di jalan menuju kawasan obyek wisata Waduk Cengklik di Boyolali, Jawa Tengah pada Senin 22 Januari 2018, sekitar pukul 5.30 pagi. Mayat tersebut ditemukan dengan tangan terikat dan mulut tersumpal.

Mayat Dera pertama kali ditemukan oleh Jiyem, warga setempat yang semula mengira jasad itu adalah boneka yang tergeletak di areal persawahan. Namun karena mengeluarkan bau yang mencurigakan, ia memanggil warga untuk memeriksa mayat tersebut. Warga yang mendekat lalu menutupi mayat wanita tanpa busana itu dengan kain dan kardus.

Saat ditemukan kondisi mayat mengenaskan dengan lebam di kedua matanya, serta mulut mengeluarkan darah yang sudah mengering. Mayat tersebut juga ditemukan dalam keadaan tangan terikat dan mulut tersumpal.

Polres Boyolali yang menangani pembunuhan tersebut berhasil menangkap pelaku Beki Afriyanto yang tak lain adalah tetangganya sendiri di Pekanbaru, Riau pada Jumat 26 Januari 2018. Polisi juga menemukan mobil korban yang dibawa lari pelaku dan ditinggal begitu saja di kawasan Bekasi.

Atas perbuatan sadisnya membunuh korban, tersangka dijerat dengan Pasal 365 ayat 1, ayat 2 ke-1 dan ke-3 dan atau ayat 3 KUHP juncto Pasal 339 KUHP juncto Pasal 338 KUHP dengan ancaman penjara hingga seumur hidup.

Redaktur: Reza Yunanto
Sumber: Antara
KOMENTAR
500/500