Dikira Faktor Usia, Nenek Amsah Ternyata Tewas Dibunuh Cucunya

Estimasi Baca :

Ilustrasi: Petugas mengangkat jenazah yang diduga korban pembunuhan. Foto: Antara - Kriminologi.id
Petugas mengangkat jenazah yang diduga korban pembunuhan. Foto: Antara

Kriminologi.id - Nenek bernama Amsah yang tinggal di kawasan Cipondoh, Tangerang, Banten terpaksa harus meregang nyawa. Pihak keluarga semula mengira nenek Amsah tewas karena faktor usianya yang tak lagi muda, yakni 85 tahun. Setelah melapor ke polisi, belakangan terkuak Nenek Amsah ternyata tewas di tangan cucunya sendiri berinisial AM.

Saat dikonfirmasi, pelaku yang masih berusia 24 tahun itu mengaku nekat membunuh neneknya karena stres. Ia membutuhkan sejumlah uang lantaran terlilit utang akibat kalah berjudi. Untuk melunasinya, AM 
nekat mencuri perhiasan neneknya sendiri dan membunuhnya dengan cara membekapnya hingga kehabisan nafas.

Aksi pencurian yang disertai dengan pembunuhan oleh pelaku AM terjadi pada Senin, 21 Mei 2018. Bermula ketika AM yang tengah kebingungan mencari uang untuk membayar utangnya berniat mencuri perhiasan milik neneknya sendiri. 

AM menyambangi kamar neneknya dengan cara menaiki atap rumah dan masuk secara perlahan melalui plafon kamar di saat Nenek Amsah tengah tidur. Sambil mengendap-endap, AM berhasil masuk ke kamar neneknya. 

Namun, aksi pencurian AM tak berjalan mulus. Saat mencari perhiasan yang tersimpan di lemari pakaian, tiba-tiba Nenek Amsah terbangun dari tidurnya. Saat membuka mata, Nenek Amsah kaget kamarnya dimasuki seseorang yang saat itu tengah mengobrak-abrik lemari. 

Sontak, Nenek Amsah yang terkejut spontan berteriak. Karena tak mau aksinya diketahui orang lain, AM tanpa pikir panjang langsung membekap mulut dan menutup hidung neneknya. Akibatnya, sang nenek tewas karena kehabisan nafas. 

"Niatnya utama sebenarnya ingin menguasai gelang. Cuma pas baru mau ngambil dia bangun dan otomati empat teriak. Saya tutup hidungnya dan selama satu setengah menit sudah ngga ada (tewas)," kata pelaku AM di Mapolres Metro Tangerang, Banten, Rabu, 6 Juni 2018.

Usai membunuh neneknya, AM langsung keluar dari kamar neneknya dengan cara yang sama. Usai membunuh neneknya, AM berpura-pura seolah tak mengetahui apapun. Hingga akhirnya, anggota keluarga lainnya menemukan Nenek Amsah tak bernyawa di kamarnya dengan dugaan tewas karena sudah dimakan usia. 

Setelah beberapa hari berselang, pihak keluarga merasakan hal yang aneh pada kematian Nenek Amsah. Pasalnya, beberapa perhiasan milik Nenek Amsah menghilang. Dari situ, pihak keluarga melaporkan kejadian itu ke pihak kepolisian.

Berbekal informasi itu, pihak kepolisian kemudian melakukan penyelidikan. Setelah beberapa hari ternyata diketahui tewasnya Nenek Amsah lantaran dicekik oleh pelaku. Pada 5 Juni 2018, AM akhirnya diciduk di rumahnya. Kepada polisi, AM mengakui semua perbuatannya. Saat disinggung mengenai perhiasan yang dicuri dari neneknya, AM mengaku telah menjualnya.

"Ada Rp 18 juta, kurang lebih segitu. Uangnya buat bayar utang," katanya. 

Saat ini, AM telah mendekam di balik jeruji besi. Akibat perbuatannya, AM dijerat Pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan pemberataan dan Pasal 338 KUHP tentang Pembunuhan. TD

Baca Selengkapnya

Home Renata Wanita Dikira Faktor Usia, Nenek Amsah Ternyata Tewas Dibunuh Cucunya

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan masuk terlebih dahulu
Silahkan tulis komentar kamu