Enen Cahyati Tewas di Kamboja, Suami Warga Amerika Jadi Tersangka

Estimasi Baca :

Ilustrasi tersangka yang diborgol. Foto: Riauterbit.com - Kriminologi.id
Ilustrasi tersangka yang diborgol. Foto: Riauterbit.com

Kriminologi.id - Warga negara Indonesia Enen Cahyati yang ditemukan tewas di sebuah kamar hotel di Kamboja diduga kuat dibunuh oleh suaminya yang berkewarganegaraan Amerika Serikat yaitu Bilal Abdul Fateen. Kepolisian Kamboja telah menetapkan suami Enen tersebut sebagai tersangka dan kini tengah diburu oleh petugas kepolisian.

Direktur Perlindungan WNI pada Kementerian Luar Negeri RI Lalu Muhammad Iqbal mengatakan kepolisian Kamboja menetapkan suami korban sebagai tersangka setelah menemukan bukti-bukti kuat di lokasi penemuan jasad korban di sebuah kamar hotel yang ditempati korban bersama pelaku selama di Kamboja.

Menurut Iqbal, korban bersama suaminya terdeteksi memasuki Kamboja pada 16 Maret 2018. Namun pada tanggal 22 Maret 2018, pelaku terdekteksi telah keluar meninggalkan Kamboja.

"Ini sesuai dengan perkiraan kepolisian bahwa almarhumah dibunuh tiga hari sebelum jenazahnya ditemukan pada tanggal 25 Maret," kata Iqbal melalui keterangan tertulisnya, Kamis, 29 Maret 2018.

Iqbal mengatakan, hasil visum yang dilakukan kepolisian menyebutkan kematian korban akibat kekerasan. Namun tidak disebutkan secara rinci di bagian mana korban mengalami trauma kekerasan hingga akhirnya meninggal dunia. Namun berdasarkan keterangan saat penemuan jenazah sebelumnya, ditemukan bekas luka cekik di leher korban.

Menurut Iqbal, korban telah dimakamkan di Kamboja tepatnya di komplek Masjid Al Akbar, Khleang Blek, Provinsi Kandal yang berjarak sekitar 33 kilometer dari ibukota Phnom Penh pada kemarin, Kamis, 29 Maret 2018. Pemakaman tersebut juga atas persetujuan keluarga korban yang berada di Jagakarsa, Jakarta Selatan.

"Pemakaman di Kamboja dilakukan karena kondisi jenazah yang sudah tidak mungkin dipulangkan," kata Iqbal.

Menurut Iqbal, kasus kematian WNI ini ditangani serius oleh Kepolisian Negara Kamboja.  Kepolisian Kamboja kini tengah menunggu laporan lengkap dari Kepolisian Phnom Penh sebagai dasar untuk pengajuan red notice kepada interpol untuk memburu pelaku yang diektahui telah pergi meninggalkan Kamboja.

Baca Selengkapnya

Home Renata Wanita Enen Cahyati Tewas di Kamboja, Suami Warga Amerika Jadi Tersangka

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan tulis komentar kamu