Ilustrasi pembunuhan. Ilustrasi: Dwiangga Perwira/Kriminologi.id

Ibu Dua Anak Terkubur Masih Berpakaian Korban Pembunuhan Saudaranya

Estimasi Baca:
Jumat, 18 Mei 2018 15:35:33 WIB

Kriminologi.id - Sepasang kaki manusia terbungkus celana jeans ditemukan menyembul dari liang lahat di pemakaman Desa Tegowangi, Kecamatam Plemahan, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Sepasang kaki tersebut ditemukan warga bernama Budiono pada Kamis, 17 Mei 2018.

Budiono menemukan sepasang kaki itu saat dirinya hendak mengambil bambu di areal pemakaman. Namun, pria berusia 55 tahun itu kaget bukan kepalang saat melihat salah satu liang lahat terdapat sebuah kaki mayat yang terkubur tak sempurna. Setelah melihat keanehan itu, Budiono langsung melaporkannya ke warga lain dan diteruskan ke polisi. 

Tak lama berselang, anggota Polsek Plemahan yang mendapat laporan penemuan mayat terkubur tak sempurna itu langsung membongkar makam tersebut. Hasilnya, setelah digali beberapa sentimeter sosok mayat tersebut ternyata seorang perempuan. 

Aparat Satreskrim Polres Kediri yang melakukan penyelidikan terhadap kasus ini akhirnya menangkap seseorang yang diduga sebagai pelaku pembunuhan wanita beranak dua itu. Menurut Erick Hermawan, pelaku pembunuhan terhadap Sunarti masih memiliki hubungan keluarga.

"Insya Allah sudah ada satu tersangka. Sekarang masih kita dalami. Karena tidak menutup kemungkinan ada pelaku lainnya," kata Kapolres Kediri, Ajun Komisaris Besar Erick Hermawan di Kediri, Jawa Timur, Jumat, 17 Mei 2018.

Menurut Kasubag Humas Polres Kediri, Ajun Komisaris Setya Budi, saat pertama kali ditemukan warga, mayat perempuan itu belum lama dikubur di atas pemakaman lama yang telah dipenuhi tumbuhan liar. Saat digali, posisi mayat perempuan itu dalam keadaan tertelungkup dengan ciri-ciri memiliki rambut panjang bercat pirang, pakai baju warna putih bergaris-garis, celana jeans, dan celana dalam merah.

Di tangan kirinya, mengenakan jam tangan warna hitam. Perawakan mayat perempuan tersebut diketahui agak gemuk dengan tinggi sekitar 150 cm dan usia berkisar 30 sampai 40 tahun. Adapun di bagian wajahnya terdapat luka lebam. Diketahui mayat tersebut berusia 39 tahun bernama Sunarti, warga Sidoarjo.

Dari informasi yang dihimpun, sebelum ditemukan tewas Sunarti tinggal di Sidoarjo, Jawa Timur. Jasadnya ditemukan di Kabupaten Kediri diduga karena berkunjung ke rumah orang tuanya yang berada di Desa Mranggen, Kecamatan Purwoasri. Kepergian Sunarti meninggalkan seorang suami bernama Mukayat, dan dua anaknya yang masih duduk di bangku SMP dan SD.

Penulis: Tito Dirhantoro
Sumber: Antara
KOMENTAR
500/500