Ilustrasi gantung diri. Foto: Ist/Kriminologi.id

Ibu Muda Gantung Diri Akibat Desakan Ekonomi, Malam Ribut dengan Suami

Estimasi Baca:
Sabtu, 4 Ags 2018 13:33:10 WIB

Kriminologi.id - Seorang ibu muda bernama Rizkia Mandawiyah alias Kiki (18) tewas gantung diri di rumah mertuanya Gang Perahu, Jatiranggon, Kecamatan Jatisampurna, Kota Bekasi, Jumat, 3 Agustus 2018 pagi. 

Sebelum mengakhiri hidupnya, ibu satu anak ini sempat cekcok mulut dengan Andre (18) suaminya karena desakan ekonomi. 

"Kalau masalahnya mungkin karena Kiki pengen kerja dan gak dikasih sama suaminya, kehidupan mereka kurang," kata Aswin, ibu RT setempat, Sabtu, 4 Agustus 2018. 

Rumah tinggal orang tua Kiki, Ibu Muda Gantung Diri di Bekasi
Kediaman orang tua Kiki, ibu muda gantung diri di Kota Bekasi.

Aswin menambahkan kondisi perekonomian pasangan muda itu bermasalah. Kiki dan Andre dikarunia seorang anak balita berusia 1,5 tahun.

Anak pasangan muda itu sudah tidak mengonsumsi ASI karena air susu ibunya sudah tidak keluar. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan susu anak ibu muda itu mengganti dengan susu formula.

Desakan ekonomi ini terutama untuk membeli susu formula ini yang menjadi pemicu Kiki untuk bekerja. "Mereka punya anak dan butuh susu karena ASI-nya Kiki gak keluar, dari situ Kiki pengen kerja, tapi gak diizinin suaminya," kata Aswin. 

Rizkia Madawiyah korban bunuh diri di Jatirangon, Bekasi.
Kartu Tanda Penduduk Elektronik milik Kiki

Berdasarkan data yang dihimpun, peristiwa gantung diri itu dilakukan Kiki pada Jumat, 3 Agustus 2018 saat rumah mertuanya sepi. 

Andre sang suami telah berangkat kerja dan ibu mertuanya keluar rumah untuk belanja sayuran. Sekitar pukul 10.00 WIB, ibu mertuanya kembali ke rumah.

Namun ia mendapati pintu rumah dalam kondisi terkunci. Beberapa kali pintu diketuk, namun Kiki tak juga merespons. 

Ibu mertuanya pun meminta bantuan warga mendobrak pintu rumahnya. Ketika pintu terbuka, mertua dan warga yang membuka paksa pintu kaget melihat Kiki sudah meninggal dalam keadaan tergantung di dapur rumahnya.

Ibu mertua langsung menghubungi Andre yang saat itu dalam perjalanan kerja ke Jakarta. Sedangkan warga lainnya melaporkan ke Ketua RT setempat yang meneruskan ke polisi. 

Polisi datang kemudian membawa jasad ibu muda tersebut ke RS Polri Kramatjati, Jakarta Timur untuk dilakukan visum. 

"Semula banyak dugaan kalau matinya kenapa-napa atau diapain begitu. Tapi ternyata bener bunuh diri. Kalau alasan bunuh diri mungkin masalah ekonomi" kata Aswi.

Rizkia Madawiyah korban bunuh diri di Jatirangon, Bekasi.
Kiki ditemukan gantung diri di dapur rumah mertuanya.

Usai menjalani visum di RS Polri Kramatjati, mayat Kiki dibawa ke rumah ibunya dan langsung dimakamkan malam itu juga. 

Berdasarkan foto yang diterima Kriminologi, Ibu muda itu ditemukan tewas menggantung menggunakan kain yang dililit yang menjerat lehernya tanpa alas kaki.

Wanita berambut pendek itu menggunakan kaos biru telor asin dan celana putih di bawah lutut. Persis di sampingnya terdapat bangku plastik warna biru yang di atasnya terdapat wadah plastik.

Reporter: Rahmat Kurnia
Redaktur: Syahrul Munir
KOMENTAR
500/500