Pixabay.com

Mantan Pejabat Kesehatan AS Hadapi Gugatan Pelecehan Seksual

Estimasi Baca:
Sabtu, 25 Ags 2018 22:00:44 WIB

Kriminologi.id - Mantan direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit atau CDC Amerika Serikat, Thomas Freiden (57) menyerahkan diri ke kantor polisi atas tuduhan melakukan pelecehan seksual. Seorang wanita melaporkan Freiden atas tindakan pelecehan meraba bokongnya saat berada di rumah pada Juli 2018.

Juru Bicara Kepolisian Kota New York, Arlene Muniz mengatakan Frieden menyerahkan diri ke kantor polisi Brooklyn pada Jumat, 24 Agustus 2018 sore.

Pengacara Freiden yaitu Laura Brevetti mengatakan kliennya telah muncul di depan Hakim Michael Yavinsky di Pengadilan Pidana Kota New York untuk menyatakan diri tidak bersalah atas tuduhan itu, dan karena pernyataan itu Freiden dibebaskan dari penahanan polisi.

Namun Freiden dijadwalkan hadir di persidangan pada 11 Oktober untuk didengar keterangannya.

Kasus Freiden bermula ketika seorang wanita paruh baya berusia 55 tahun melaporkan pelecehan seksual yang dilakukan Freiden apda Oktober 2017 lalu. Wanita yang tak disebutkan namanya itu mengaku pelecehan terjadi di rumah susunnya di Brooklyn.

Freiden sosok yang terpandang di New York. Sebagai orang yang pernah menduduki Komisaris Kesehatan yang membantu menanggulangi wabah Ebola di Afrika barat tahun 2014. 

Frieden memainkan peran penting dalam membantu menanggulangi wabah Ebola di Afrika Barat pada 2014 dan demam Zika di Brasil pada 2015.

Dia sering muncul di saluran berita kabel menjelaskan prakarsa CDC untuk memberantas wabah tersebut.

Sebagai komisaris kesehatan New York sejak 2002 hingga 2009, ia mengawasi upaya melarang merokok di tempat umum. Pada 2009, Presiden Barack Obama menunjuknya menjadi pemimpin CDC. Ia menyudahi jabatan pada 2017.

Sesudah itu, Frieden menjadi ketua Upaya Menyelamatkan Kehidupan, sebuah usaha badan kesehatan nirlaba Vital Strategies untuk meningkatkan pranata kesehatan masyarakat di seluruh dunia.

Bloomberg Philanthropies, Chan Zuckerberg Ininiatives, dan Bill & Melinda Gates Foundation turut mendanai kegiatan Freiden.

Chan Zuckerberg Initiatives dalam pernyataan resminya menyayangkan jika tuduhan itu benar terjadi.

"Di Chan Zuckerberg Initiative, kami menanggapi sungguh-sungguh setiap tuduhan kesalahan pribadi dan memantau keadaan dengan saksama," kata pernyataan itu.

Senada dengan pernyataan itu, Bill & Melinda Gates Foundation juga menyatakan memandang sungguh-sungguh tuduhan pelanggaran seksual tersebut.

Redaktur: Reza Yunanto
Sumber: Antara
KOMENTAR
500/500