Suporter Brasil mengikuti pertandingan antara Jerman dan Meksiko di layar raksasa di Fifa Fans Fest di Saint Petersburg, Foto: Theweek.in

Pelecehan Seksual di Piala Dunia 2018, UN Women: Ini Tak Bisa Diterima

Estimasi Baca:
Sabtu, 23 Jun 2018 19:30:27 WIB

Kriminologi.id - Kantor Perserikatan Bangsa Bangsa untuk Kesetaraan Jender dan Pemberdayaan Perempuan atau UN Women di Brasil mengutuk pelecehan seksual terhadap seorang perempuan Rusia oleh beberapa wisatawan Brasil selama Piala Dunia 2018, yang sedang berlangsung di Rusia.

"Keinginan sengaja oleh beberapa penggemar sepak bola dari Brasil untuk melakukan pelecehan seksual terhadap perempuan selama Piala Dunia" tak bisa diterima," kata UN Women Brasil, Jumat, 22 Juni 2018. 

Rekaman video yang disiarkan jejaring sosial memperlihatkan beberapa lelaki Brasil sedang meminta seorang perempuan Rusia mengulangi beberapa kata-kata dalam Bahasa Portugal. 

Perempuan itu, mengulangi pernyataan tersebut yang memiliki konotasi rasis dan seksual kuat. Padahal perempuan tadi sama sekali tidak mengetahui apa arti sesungguhnya yang ia katakan.

Video yang dibagikan oleh pria Brasil di situs jejaring sosial menunjukkan pria Brasil melecehkan seorang wartawan Rusia yang mencoba bekerja. Pria Brasil itu telah diidentifikasi, tapi sejauh ini tak ada tindakan resmi yang telah dilakukan terhadap mereka.

Di lokasi berbeda, mereka mendekati seorang wanita Rusia dan meyakinkannya untuk mengulangi beberapa kata dalam bahasa Portugis. Tidak tahu apa yang dia katakan, wanita itu mengulangi beberapa ekspresi dengan konotasi seksual dan rasis yang kuat.

Video-video itu telah menyebabkan kegemparan dan menimbulkan banyak kritik di Brasil dan di luar negeri. Meskipun wajah mereka telah diidentifikasi, namun, tidak ada langkah-langkah resmi yang bisa diambil terhadap mereka.

"Bagi wanita dan wanita Rusia dari semua kebangsaan, UN Women Brasil mengungkapkan solidaritasnya," ujar agen tersebut.

Penulis: Marselinus Gual
Redaktur: Syahrul Munir
Sumber: Antara
KOMENTAR
500/500