Kediaman Ibu Barjo di Jalan Teluk Jakarta, Kompleks TNI AL Rawa Bambu, Jakarta Selatan yang menjadi lokasi pemerkosaan asisten rumah tangga berinisial M (34). Foto: Erwin Maulana/Kriminologi.id

Pemerkosaan Pembantu di Kompleks TNI AL Dilakukan Selepas Azan Subuh

Estimasi Baca:
Kamis, 31 Mei 2018 13:10:58 WIB

Kriminologi.id - Wanita berinisial M yang sehari-hari berprofesi sebagai pembantu rumah tangga mengalami nasib nahas pada suatu pagi di hari Sabtu, 26 Mei 2018. Wanita berusia 34 tahun itu diperkosa dan dirampok oleh seorang pemuda bernama Riki Richardo alias Denis (21) selepas azan Subuh. 

Hal tersebut terungkap berdasarkan keterangan Parlan, pedagang sayur yang biasa berkeliling di lokasi kejadian Jalan Teluk Jakarta, Kompleks Perumahan TNI AL Rawa Bambu, Jakarta Selatan. 

“Kejadiannya hari Sabtu, 26 Mei 2018 abis azan subuh. Setahu saya pelakunya itu dua orang. Jadi, yang satu orang nungguin di luar, yang satu orang lagi lompat pagar terus manjat lewat balkon,” kata Parlan kepada Kriminologi.id Kamis, 31 Mei 2018.

Dalam insiden pemerkosaan yang disertai perampokan tersebut, menurut Parlan, pelaku sebenarnya berjumlah dua orang. Seorang yang bertugas melompati pagar dan menyusup masuk ke rumah berlantai dua tersebut yakni Denis. 

Denis diketahui seorang pria kelahiran Sorong, Papua Barat, yang tinggal di Jalan Kemuning, Kelurahan Pejaten Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Sementara seorang pelaku lainnya yang belum diketahui namanya berjaga di luar rumah itu. 

Parlan menerangkan, Denis berhasil masuk ke rumah yang ditempati korban M dengan cara melompat pagar. Selanjutnya, Dennis naik ke lantai dua dan masuk ke balkon. Di balkon itulah Denis bertemu dengan Marwah.

"Saat pelaku bisa masuk lewat balkon, dia ketemu sama Marwah. Pas ketemu itu Marwah langsung ketakutan, karena katanya dia diancam sama si pelaku," ujar Parlan.

Perlu diketahui, rumah yang ditempati korban merupakan kediaman milik seorang yang biasa dikenal Ibu Barjo. Rumah berlantai dua itu cukup besar dengan didominasi cat berwarna putih. Di bagian kiri bangunan, digunakan sebagai garasi mobil dengan atap beraksen ukiran jawa. Sementara, akses utama rumah tersebut terletak di samping kiri dari garasinya.

Tepat di seberang rumah tersebut, terdapat taman cukup luas yakni Taman Tanjung yang terletak di area Kompleks TNI AL Rawa Bambu. Saat Kriminologi.id mencoba mengunjunginya, rumah Ibu Barjo tampak sepi. TD

Reporter: Erwin Maulana
Penulis: Tito Dirhantoro
Sumber: Antara
KOMENTAR
500/500