Ilustrasi mayat. Ilustrasi: Kriminologi.id

Penemuan Mayat Terbakar di Blora, Korban Ternyata Wanita Muda

Estimasi Baca:
Selasa, 7 Ags 2018 18:45:11 WIB

Kriminologi.id - Sosok mayat wanita tanpa identitas ditemukan dalam keadaan hangus terbakar di kawasan hutan jati Blora, Jawa Tengah pada 1 Agustus 2018 lalu.

Polres Blora yang melakukan penelusuran akhirnya mengetahui identitas mayat wanita tersebut adalah Ferin Diah Anjani (21), warga Tembalang, Semarang, Jawa Tengah.

Kapolres Blora AKBP Saptono menjelaskan penelusuran polisi hingga akhirnya berhasil mengetahui identitas mayat wanita malang tersebut.

Menurut Saptono, terungkapnya identitas mayat wanita muda itu bermula dari laporan orang hilang yang diterima Polrestabes Semarang pada 1 Agustus 2018.

Ciri-ciri orang hilang yang dilaporkan tersebut ternyata memiliki kemiripan dengan mayat wanita yang ditemukan di Blora. 

Karena memiliki kemiripan, petugas Polres Blora lalu mendatangi alamat rumah pelapor di Semarang untuk melakukan pencocokan.

Usai bertemu dengan keluarga pelapor, polisi mendapat titik terang identitas mayat wanita itu.

Keluarga yang ditemui meyakini mayat wanita tersebut adalah Ferin setelah melihat barang-barang yang ditemukan polisi saat mengevakuasi mayat tersebut. 

"Kami datangi ke rumah pelapor, setelah mendapatkan keterangan dari pihak keluarga, mulai ada titik terang identitas mayat terbakar," kata Saptono dikutip dari laman instagram @polresblora, Selasa, 7 Agustus 2018.

Saptono menambahkan, meski keluarga telah memastikan mayat itu adalah Ferin, namun polisi tak mau tergesa-gesa merilis identitas mayat sebelum melakukan uji DNA.

"Harus ada kecocokan DNA dulu korban dengan pihak keluarganya," katanya. 

Meski belum mengumumkan identitas mayat wanita tersebut, polisi tetap melanjutkan perburuan pelaku. Saptono mengatakan, Polres Blora menurunkan dua tim Resmob untuk melakukan perburuan terhadap pelaku di Semarang.

Perburuan itu pun menemukan hasil tak sampai satu hari. Menurut Saptono, kurang dari 24 jam setelah polisi mendapat kepastian identitas mayat tersebut dari keluarga, pelaku pembunuhan dan pembakaran korban berhasil dibekuk.

"Kurang dari 24 jam dari keterangan pihak keluarga dan barang bukti pendukung yang berhasil dihimpun, pelaku berhasil ditangkap tim Resmob di sebuah kos-kosan daerah Semarang," ujarnya.

Pelaku adalah seorang pria berinisial KA (30), warga Kunduran, Blora, Jawa Tengah. Pelaku adalah seorang karyawan di sebuah hotel di Semarang.

Pelaku kini telah diamankan di Mapolres Blora untuk menjalani pemeriksaan.

Sementara itu polisi membongkar makam korban di Tempat Pemakaman Umum Jlumbang, Blora. Mayat Ferin dibawa ke Semarang untuk menjalankan tes DNA.

Reporter: Reza Yunanto
Redaktur: Reza Yunanto
KOMENTAR
500/500