Ilustrasi perdagangan manusia. Ilustrasi: Amin H. Al Bakki/Kriminologi.id

Perdagangan Orang ke Cina, Polisi Dalami Keterlibatan Perangkat Desa

Estimasi Baca:
Jumat, 27 Jul 2018 15:45:38 WIB

Kriminologi.id - Polda Jawa Barat terus mendalami kasus penjualan wanita ke Cina, dengan modus kawin kontrak. Sejumlah tugas yang diemban TDD alias M selaku broker di Indonesia, terus ditelusuri perannya.

Selain merekrut para wanita usia muda, M juga menyiapkan keperluan dokumen bagi wanita muda di pedesaan yang berhasil termakan bujuk rayunya.

Direskrimum Polda Jabar, Kombes Pol Umar Surya Fana menjelaskan, M juga mengurusi keperluan dokumen wanita yang hendak berangkat ke Cina, setelah termakan bujuk rayu M.

"Setelah meyakinkan wanita yang ingin berangkat ke Tiongkok, M juga mengurusi dokumen keberangkatan wanita yang dijual dengan modus kawin kontrak," katanya, di Mapolda Jabar, usai pengamanan kunjungan Presiden ke kampus IPDN, Jumat, 27 Juli 2018.

Umar menambahkan, pihaknya akan menyelidiki keterlibatan perangkat desa dalam menyiapkan dokumen.

"Untuk dokumen yang dipalsukan, terhadap salah satu korban anak di bawah umur, M melakukan koordinasi dengan perangkat desa, kami akan dalami itu," ujar Umar.

Dari hasil pengecekan di Hp milik M, ia mengatakan, pihaknya berhasil mengkloning percakapannya dan masih diselidiki.

"Hasil kloning Hp milik M kita sudah dapatkan, nanti kami dalami nomor-nomor mana yang sering berhubungan dengan M ini," kata Umar.

Pihak Polda Jabar saat ini, telah mengirimkan bukti pemeriksaan kepada korban yang selamat, atau belum diterbangkan ke Cina, sebagai bukti ke Kedutaan Indonesia di Cina.

"Kedutaan kita di Cina meminta bukti pemeriksaan di sini kepada korban, untuk diperlihatkan ke pihak Cina. Selain itu juga liaison polisi Indonesia di kedutaan akan melakukan komunikasi dengan kepolisian Cina, yang difasilitasi Kemenlu," ujar Umar.

Diberitakan sebelumnya, enam wanita yang hendak dijual ke Cina berhasil diselamatkan pada awal Juli 2018 di apartemen green hills Jakarta Pusat.

Keenam perempuan usia 17-25 ini, diselamatkan Ditreskrimum Polda Jabar, berkat laporan dari salah satu korban penjualan manusia yang berhasil kabur dan melapor ke salah satu Polres di Jabar.

Reporter: Arief Pratama
Redaktur: Djibril Muhammad
KOMENTAR
500/500