Ilustrasi tersangka yang diborgol. Foto: Riauterbit.com

Pria Ini Sebar Foto Tak Senonoh Mantan, Polisi Cium Unsur Pemerasan 

Estimasi Baca:
Kamis, 26 Apr 2018 20:35:32 WIB

Kriminologi.id - Seorang pemuda asal Yogyakarta berinsial MIA diringkus aparat Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Tengah. Pria berusia 32 tahun itu ditangkap karena menyebarkan foto tidak senonoh mantan pacarnya melalui media sosial. 

“Tersangka ditangkap di wilayah Jawa Timur setelah kami melakukan serangkaian penyelidikan. Pelaku ini diduga menyebar foto mantan kekasihnya sekitar Februari hingga Maret 2018," kata Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Tengah, Komisaris Besar Lukas Akbar Abriari, di Semarang, Jawa Tengah Kamis, 26 April 2018. 

Menurut Lukas, foto-foto tidak senonoh mantan pacar pelaku disebarkan aplikasi Whatsapp, Line, dan surat elektronik atau email. Tak hanya foto, kiriman foto yang disebar pelaku itu juga disertai berbagai kalimat ancaman yang ditujukan kepada korban N (28), warga Pekanbaru yang selama ini menetap di Semarang, Jawa Tengah karena pekerjaan.

Karena geram dengan aksi pelaku dan merasa telah dirugikan, kata Lukas, korban kemudian melaporkan kejadian yang menimpanya itu ke polisi. Dari pengakuan korban kepada polisi, Lukas mengatakan, foto tak senonoh itu diambil gambarnya pada Mei 2017 setelah korban dan pelaku berhubungan intim saat masih berpacaran. 

"Setelah melakukan serangkaian penyelidikan, tersangka bisa ditangkap di Gresik," katanya.

Lebih lanjut, Lukas mengatakan, pelaku MIA dan korban N sebenarnya sempat akan menikah. Namun, entah mengapa justru dibatalkan oleh pelaku sendiri. Lukas menduga, dalam kasus ini, pihak pelaku melakukan unsur pemerasan terhadap korban.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan Undang-undang Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik atau ITE.

Penulis: Tito Dirhantoro
Sumber: Antara
KOMENTAR
500/500