Ilustrrasi prostitusi. Foto: Unsplash.com

Roadshow Prostitusi Jajakan 3 Wanita Muda Terhenti di Surabaya

Estimasi Baca:
Selasa, 10 Apr 2018 22:00:11 WIB

Kriminologi.id - Prostitusi yang dilakukan secara berpindah-pindah tempat atau dikenal dengan istilah Roadshow terungkap di Surabaya. Muncikari dan tiga wanita muda yang bekerja sebagai penjaja seks seluruhnya berasal dari Jawa Tengah ditangkap oleh petugas Polresta Surabaya di sebuah hotel di Jalan Ronggolawe, Surabaya.

"Seorang mucikarinya, berinisial SR, telah kami tetapkan sebagai tersangka," ujar Kepala Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Polrestabes Surabaya, AKP Ruth Yeni di Mapolresta Surabaya, Selasa, 10 April 2018.

Muncikari berusia 31 tahun asal Mranggen, Kabupaten Demak, Jawa Tengah itu ke Surabaya membawa tiga wanita muda yang merupakan anak asuhnya masing-masing berinisial ARS (29), El (29), dan FI (21) yang semuanya tercatat sebagai warga Purwokerto, Jawa Tengah.

Ruth menyebut, tiga wanita muda belia yang dibawa muncikari SR tersebut sebagai korban.

Ruth mengatakan muncikari SR dengan tiga anak asuhnya itu bekerja menawarkan pelayanan seksual dengan berpindah-pindah tempat dari satu kota ke kota lain.

Di setiap kota yang disinggahi, SR selalu menjaring para pelanggan melalui pengumuman yang diunggahnya di sebuah media sosial dengan membandrol masing-masing anak asuhnya itu seharga Rp 1.500.000 untuk sekali kencan singkat.

"Dari tiap transaksi yang disepakati mucikari SR mengambil keuntungan Rp 300 ribu," ucap Ruth.

Ketiga anak asuh SR tersebut mengaku telah mengenal SR selama tujuh bulan. Saat digerebek polisi, mereka sudah tiga hari menggelar roadshow di Kota Surabaya.

Berdasarkan penyelidikan polisi, SR dapat mencarikan pelanggan bagi masing-masing anak asuhnya sedikitnya 10 orang per hari.

Polisi menjeratnya dengan Pasal 2 Undang-undang Nomor 21 Tahun 2007 tentang Tindak Pidana Perdagangan Orang serta menggunakan Pasal 296 dan Pasal 506 Kitab Undang-undang Hukum Pidana dengan ancaman hukuman paling lama 15 tahun penjara.

KOMENTAR
500/500