Ilustrasi perdagangan orang. Ilustrasi: Dwiangga Perwira/Kriminologi.id

Ungkap Perdagangan Orang, Tisu Basah dan Alat Kontrasepsi Jadi Bukti

Estimasi Baca:
Sabtu, 14 Apr 2018 18:05:35 WIB
Dua wanita yang masih berusia remaja dijual seharga Rp 500 ribu di sebuah hotel di Tangerang, Banten.

Kriminologi.id - Aparat Polresta Tangerang, Banten, mengungkap kasus perdagangan orang di sebuah hotel di Kecamatan Mauk, Tangerang, Banten. Dalam pengungkapan ini, sebanyak tiga orang yang masih berusia remaja diamankan. Mereka antara lain DMA (18), pelaku perdagangan orang. Kemudian dua korbannya masing-masing WA (19) dan Yl (16).

Kasat Reskrim Polresta Tangerang, Komisaris Wiwin Setiawan, mengatakan korban berisnial WA merupakan warga Kecamatan Mauk. Sedangkan Yl adalah penduduk Kecamatan Rajeg yang setiap hari tidak memiliki kegiatan tetap.

“Kami temukan barang bukti berupa tisu basah, alat kontrasepsi, uang tunai Rp 1,5 juta serta kunci kamar hotel,” kata Wiwin di Tangerang, Banten, Sabtu, 14 April 2018. 

Wiwin mengatakan, kasus perdagangan orang di wilayah Tangerang ini dapat terungkap berkat adanya laporan masyarakat. Berbekal laporan itu, pihak kepolisian langsung menindaklanjutinya dengan melakukan pengintaian di sebuah hotel yang terletak di Desa Tanjung Anom, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang.

Hasilnya, lanjut Wiwin, operasi pengintaian yang dipimpin Iptu Ferdo Elfianto dari unit V Perlindungan Anak dan Perempuan Polresta Tangerang, menemukan adanya transaksi perdagangan orang di hotel tersebut. 

“Dari keterangan pelaku DMA kepada polisi, dua korban WA dan YI diperdagangkan seharga Rp 500 ribu,” ujarnya.

Selain menyita barang bukti tersebut, pihak kepolisian menyita telepon selular milik tersangka. Juga bukti pembayaran hotel, tempat di mana dua korban wanita itu dijual. Saat ini, pelaku, kedua korban, dan barang bukti telah diamankan di Mapolresta Tangerang.

Atas perbuatannya, petugas polisi menjerta pelaku DMA dengan Pasal 88 junto Pasal 76 UU No.35 tahun 2014 tetang Perlindungan Anak serta pasal 10 UU No.21 tahun 2007 tentang Tindak Pidana Perdagangan Orang.

Seperti diketahui, Polresta Tangerang telah mengungkap tiga kasus perdagangan orang dalam dua pekan terakhir ini. Sebelumnya dua kasus perdagangan orang terjadi di sebuah hotel berbintang di Kecamatan Panongan. Dalam kasus tersebut, polisi mengamankan tiga wanita yakni Ay (29), Kh (27) dan Eth (25) yang sedang melayani tamu hotel.

Penulis: Tito Dirhantoro
Sumber: Antara
KOMENTAR
500/500