Ilustrasi pengedar sabu. Foto: Ist/Kriminologi.id

Wanita Pengedar Narkoba Jalur Udara, Sandal Jadi Pengaman Sabu

Estimasi Baca:
Senin, 2 Apr 2018 18:40:07 WIB

Kriminologi.id - Wanita pengedar narkoba jaringan Pontianak-Jakarta bernama Budiyah mengamankan sabu-sabu yang diselundupkannya di dalam sepasang sandal perempuan. Budiyah adalah pengedar sabu-sabu melalui jalur udara. 

Budiyah ditangkap petugas di Jalan Minangkabau, Kelurahan Pasar Manggis, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan, Minggu, 1 April 2018. Wanita pengedar ini mengirimkan narkoba jenis sabu-sabu melalui jalur udara bersama rekannya Johari alias Romi. 

Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya Kombes Pol Suwondo Nainggolan menuturkan, pada awalnya tim mendapatkan informasi bahwa seringkali terjadi pengiriman narkotika jenis sabu-sabu dari Pontianak ke Jakarta dengan cara membawa langsung via pesawat pada penerbangan pertama atau terakhir.

Narkoba itu dibawa oleh wanita paruh baya. Minggu, 25 Maret 2018, tim mendalami info pengedar yang membawa narkoba melalui lintas udara.

Polisi mendeteksi seorang pengedar wanita bernama Budiyah membawa Sabu-sabu keluar dari Bandara Soekarno Hatta menuju Jalan Minangkabau, Kelurahan Pasar Manggis, Kecamatan Setiabudi, Jakarta selatan. 

Kemudian pada pukul 12.00 WIB, Budiyah menunggu Johari alias Romi di Jalan Minangkabau, Kelurahan Pasar Manggis, Kecamatan Setiabudi, Jakarta selatan, dan terjadi penyerahan barang bukti. 

Setelah barang bukti pindah tangan, polisi langsung melakukan penangkapan. Pada penangkapan itu ditemukan sepasang sandal perempuan yang di dalamnya tersimpan narkoba. 

"Di situ ditemukan sepasang sandal perempuan yang di dalamnya ada barang bukti sabu-sabu," ujar Kombes Suwondo Nainggolan, Senin, 2 April 2018. 

Suwondo menjelaskan Johari Alias Romi dibekuk di Apartemen Mediterial Palace Tower C lantai 19 kamar 19EE, Kemayoran, Jakarta Pusat. 

"Sedangkan Johari alias Romi diperintahkan membawa barang haram itu ke Jakarta," ucapnya.

Berdasarkan hasil interogasi Budiyah, kepada petugas ia mengaku mendapat barang haram itu dari tersangka Idrus warga Pontianak yang masih berstatus Daftar Pencarian Orang (DPO).

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan dalam kasus tersebut meliputi 6 bungkus sabu-sabu dengan berat 511,19 gram dalam sepasang sendal, 10 unit handphone,1 unit motor Honda Vario, 1 Unit mobil Toyota Fortuner berikut STNK bernopol T 1163 XX, serta uang tunai sebesar Rp 45 juta dari hasil penjualan barang bukti tersangka Johari alias Romi.

Reporter: Muhammad Adam Isnan
Redaktur: Syahrul Munir
KOMENTAR
500/500