Menkominfo: 97 Persen Netizen Indonesia Punya Sosmed

Estimasi Baca :

pixabay.com - Kriminologi.id
Ilustrasi foto: pixabay.com

Kriminologi.id - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan sekitar 97 persen netizen atau orang yang aktif di internet di Indonesia menggunakan media sosial.

"Jumlah pengguna media sosial di Indonesia cukup banyak, yang disesuaikan dengan usia," katanya pada seminar seminar nasional dengan tema Memindai Penetrasi Hoax Melalui Perisai Pancasila di Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Jumat, 27 Oktober 2017.

Menurut Rudiantara, netizen Indonesia tidak semuanya dapat membedakan antara media sosial dengan internet, dan hal ini lebih dipengaruhi oleh pengetahuan atau interaksi di tengah-tengah masyarakat.

"Kalau kita melihat angka pengguna Facebook di Indonesia berada di urutan keenam di dunia, pengguna Youtube berada di posisi 10 di dunia," katanya.

Sementara itu pengguna Twitter dan Google di Indonesia berada di urutan pertama di dunia. Menteri mengatakan penyalahgunaan media sosial tidak hanya terjadi di Indonesia, namun juga di negara-negara lain. Hanya saja masing-masing negara mempunyai cara yang berbeda dalam menangani penyalahgunaan media sosial.

"Pemilik Facebook pernah mengakui kesalahan karena layanannya dapat memicu perpecahan," katanya.

Untuk itu, kata Rudiantara, netizen Indonesia yang jumlahnya cukup besar itu harus mampu menanamkan rasa persatuan dan kesatuan di semua kalangan.

"Sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan beragam suku, budaya, etnis dan agama kita harus tetap menjaga persatuan dan kesatuan sesuai dengan dasar negara kita Pancasila," tegasnya. 

Seperti dikutip dari lama kominfo.go.id, Jumat, 27 Oktober 2017, pengguna internet di Indonesia pada 2017 diperkirakan mencapai 112 juta orang. 

Perkiraan itu mengacu pada 2014, di mana Lembaga riset pasar e-Marketer,  menyatakan populasi pengguna internet Tanah Air mencapai 83,7 juta orang.

Angka yang berlaku untuk setiap orang yang mengakses internet setidaknya satu kali setiap bulan itu mendudukkan Indonesia di peringkat ke-6 terbesar di dunia dalam hal jumlah pengguna internet. AS

Baca Selengkapnya

Home Sudut Pandang Intelijen Menkominfo: 97 Persen Netizen Indonesia Punya Sosmed

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan tulis komentar kamu