Apa Bells Palsy, Penyakit yang Diidap Wanita Bugil Mangga Dua?

Estimasi Baca :

Wanita Bugil Pelaku Tabrak Lari Diduga Gila, Foto: Harry Kurniawan - Kriminologi.id
Wanita Bugil Pelaku Tabrak Lari Diduga Gila, Foto: Harry Kurniawan

Kriminologi.id - Seorang perempuan bernama Tan Megawati menabrak sejumlah kendaraan di Jalan Mangga Dua Dalam, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Rabu, 18 Oktober 2017. Ia diduga mempunyai riwayat penyakit syaraf Bell's Palsy. Penyakit tersebut diketahui mampu melumpuhkan atau melemahkan salah satu sisi otot di wajah yang bersifat sementara.

Tapi, dokter syaraf di Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo, M. Kurniawan membantahnya. Menurut Kurniawan kepada Kriminologi, Bell's Palsy tidak mempengaruhi perilaku pasien.

"Bell's Palsy itu berasal dari virus yang menyerang otot motorik muka, sehingga mulutnya menjadi mencong, dan matanya susah berkedip. Itu saja," kata Kurniawan menjelaskan, Kamis, 19 Oktober 2017.

Ia menegaskan, virus penyakit ini tidak akan menyerang otak pasien.  Penyakit ini bisa timbul pada seseorang karena adanya virus yang menyerang syaraf sehingga terjadi peradangan dan infeksi. 

Baca: Kronologi Wanita Bugil Tabrak Lari di Mangga Dua

Karakter munculnya virus dari penyakit Bell's Palsy, kata Kurniawan, tidak berkaitan dengan musim tertentu dan bukan jenis penyakit yang bisa kambuh sewaktu-waktu, layaknya ayan.

“Begitu pasien sembuh, ya dia akan langsung sembuh. Enggak muncul lagi," kata Kurniawan menjelaskan.

Baca: Wanita Bugil Pelaku Tabrak Lari Diduga Sakit Jiwa

Pasien Bell's Palsy bisa sembuh dengan cara mengkonsumsi obat yang telah diberikan oleh dokter. Selain itu, kata Kurniawan, orang yang menderita Bell's Palsy juga harus menjalani terapi khusus agar penyakit bisa tersembuhkan.

Ia juga menegaskan, bahwa penyakit ini tidak bersifat menular ataupun diturunkan dari orang lain.

Beberapa hari lalu, Tan Megawati, wanita bertelanjang dada menabrak sepeda motor, taksi, dan bajaj. Kasat Lantas Kepolisian Resor Jakarta Pusat, AKBP Lilik Sumardi, mengatakan bahwa pelaku memiliki penyakit Bell's Palsy. 

Baca: Video: Wanita Bugil Kabur Usai Tabrak Motor di Mangga Dua

Aksi tabrak larinya ini terekam dalam rekaman video dan menjadi viral di media sosial. Saat itu, pelaku memacu mobilnya dengan menggunakan Toyota Agya bernomor plat B 1752.

Menurut Lilik, saat itu Tan melajukan mobilnya dengan pelan. Tiba-tiba penyakit syarafnya kumat, hingga tidak bisa berbuat apa-apa. Inilah yang membuat Tan tak bisa mengendalikan laju mobilnya dan menabrak beberapa kendaraan. Menurut pihak keluarga, kata Lilik, Tan menderita Bell's Palsy.

Berdasarkan keterangan keluarga Tan, pelaku sering mengalami ketidakstabilan emosi. Pelaku, juga mengalami gangguan kejiwaan. Bahkan pekan lalu pelaku baru saja meninggalkan rumah sakit setelah menjalani perawatan. YH

Baca Selengkapnya

Home Sudut Pandang Kata Pakar Apa Bells Palsy, Penyakit yang Diidap Wanita Bugil Mangga Dua?

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan masuk terlebih dahulu
Silahkan tulis komentar kamu