Foto diduga kondisi pasca kerusuhan di dalam Mako Brimob Kelapa Dua, Depok. Foto: Ist/Kriminologi.id

Kerusuhan di Mako Brimob Depok, Pengamat: Ini Pesan dari Napi Teroris

Estimasi Baca:
Rabu, 9 Mei 2018 12:11:18 WIB

Kriminologi.id - Kerusuhan di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat pecah pada Selasa, 8 Mei 2018 malam. Empat polisi dilaporkan mengalami luka-luka diduga akibat dilempari oleh tahanan teroris.

Ini kedua kalinya kerusuhan terjadi di sel tahanan teroris di Mako Brimob. Informasi sementara, kerusuhan disebabkan karena persoalan makanan.

Pengamat terorisme dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS), Khairul Fahmi menilai kerusuhan di Mako Brimob merupakan bentuk penyampaian pesan napi teroris kepada pihak luar. 

"Ya bisa. Perlawanan di penjara seringkali menjadi cara untuk menyampaikan pesan pada dunia luar agar mendapat perhatian, entah itu atas persoalan di dalam penjara, maupun untuk tunjukkan eksistensi," kata Khairul saat dihubungi Kriminologi.id di Jakarta, Rabu, 9 Mei 2018.

Kemungkinan lain menurut Khairul adalah persoalan kondisi sel dan perlakuan terhadap napi terorisme. Dia menyebut kondisi sel di Mako Brimob tidak dirancang untuk jangka panjang terutama oleh banyak napi binaan.

"(Kondisi sel) Bisa jadi itu salah satu penyebab. Rutan Mako Brimob saya kira tidak dirancang untuk dihuni dalam waktu yang lama dan oleh sekian banyak orang. Kondisi itu berpotensi menambah tekanan psikologis bagi para penghuni, selain kemungkinan adanya perlakuan yang diskriminatif dan ekstra restriktif oleh para petugas yang notabene juga kurang dibekali pengetahuan yang cukup soal perlakuan terhadap warga rutan," ujarnya.

Khairul mengatakan solusi yang bisa ditawarkan adalah memperbaiki kondisi sel, peningkatan pelayanan dan adanya peningkatan kapasitas (capacity building) para petugas. 

"Perlakuan yang lebih layak, kondisi sel, makanan, fasilitas, penegakan aturan maupun perilaku petugas," kata Khairul.

Sejauh ini masih melakukan penanganan kerusuhan di Mako Brimob Depok. Meski terdapat korban luka-luka, Mabes Polri menyatakan tidak ada korban jiwa dalam kerusuhan ini.

Pantauan Kriminologi.id, kondisi jalur depan Mako Brimob masih ditutup polisi. Jalan ditutup mulai dari depan Halte Mako Brimob sampai depan Pom bensin Kelapa Dua, tempat toko Domino Pizza. Polisi menetralkan jalan sejauh 100 meter lebih. 

Polisi menutup jalur kedua arah dengan mobil sedan mazda milik polantas. Warga yang datang dari arah Jalan Raya Bogor akan dialihkan ke Jalan Luky Abadi yang akan tembus ke daerah RTM dan Pondok Duta.

Reporter: Marselinus Gual
Penulis: Marselinus Gual
Redaktur: Syahrul Munir
KOMENTAR
500/500