MUI: Puasa Jauhkan Diri dari Perbuatan Zalim, Aniaya dan Teror

Estimasi Baca :

mui.or.id - Kriminologi.id
Zainut Tauhid Sa'adi, Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia. Foto: mui.or.id

Kriminologi.id - Puasa Ramadan dinilai mampu membentuk pribadi yang menghargai nilai-nilai kemanusian dan hak asasi manusia. Puasa juga dapat menjauhkan diri dari perbuatan zalim, aniaya, teror dan bentuk kerusakan lainnya.

Zainut Tauhid Sa'adi, Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia mengajak umat Islam agar memasuki bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan keikhlasan serta senantiasa mengharap ridha Allah SWT dalam suasana hati yang sejuk, tenang dan damai serta mengembangkan sikap toleransi.

Menurutnya hal itu harus dilakukan agar tidak terjebak pada sikap egoisme kelompok yang dapat melahirkan pertentangan dan perselisihan termasuk perbedaan paham keagamaan.

“Puasa juga dapat melatih kepekaan kita terhadap kesulitan orang lain, melatih empati kita kepada orang yang belum beruntung, dan keberpihakan kita kepada orang yang teraniaya,” ujar Zainut kepada Kriminologi.id, Rabu, 16 Mei 2018, melalui pesan singkat. 

Lebih dari itu, menurut Zainut, puasa dapat membentuk pribadi yang menghargai nilai-nilai kemanusian dan hak asasi manusia. Puasa dapat menjauhkan diri dari perbuatan zalim, aniaya, teror dan bentuk kerusakan lainnya. 

Implementasi nilai-nilai Islam tentang perdamaian, kasih sayang dan keadilan akan lebih mudah ketika seseorang sedang melaksanakan ibadah puasa. Sehingga, diharapkan nilai-nilai tersebut akan terus menjadi bekas (atsar) dalam kehidupan sehari-hari. 

“Jadi sesungguhnya tujuan berpuasa itu adalah membentuk seorang muslim yang memiliki kesalehan pribadi dan kesalehan sosial, yang dapat menyeimbangkan hubungan vertikal kepada Allah (hablun minallah) dan hubungan horisontal dengan manusia (hablun minannas),” kata Zainut. AS

Baca Selengkapnya

Home Sudut Pandang Kata Pakar MUI: Puasa Jauhkan Diri dari Perbuatan Zalim, Aniaya dan Teror

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan masuk terlebih dahulu
Silahkan tulis komentar kamu