Pakar: Bawa Balita Tanpa Orang Tuanya Tahu Itu Percobaan Penculikan

Estimasi Baca :

Pakar Hukum Pidana Teuku Nasrulloh (04/07/2018). Foto: Antaranews. - Kriminologi.id
Pakar Hukum Pidana Teuku Nasrulloh (04/07/2018). Foto: Antaranews.

Kriminologi.id - Aksi wanita kaya yang membawa jalan balita perempuan dari Mall Paskal 23 Kota Bandung ke Paris Van Java dalam durasi kurang lebih 3 jam tanpa sepengetahuan orang tuanya tergolong perbuatan percobaan penculikan.

Sikap penegak hukum yang tidak memproses wanita kaya itu dengan alasan iba terhadap bocah usia 3 tahun itu bisa menjadi bumerang di kemudian hari. 

Demikian dikatakan Pengamat Hukum Pidana dari Universitas Indonesia Teuku Nasrullah kepada Kriminologi.id, Rabu, 4 Juli 2018. Ia menyarankan penegak hukum mengkaji ulang keputusan tersebut dan Polda Jawa Barat perlu turun tangan.

"Polisi harus hati-hati, dan mengkaji ulang keputusannya. Jangan sampai ini menjadi preseden buruk dan dijadikan pola baru bagi pelaku penculik anak. Mereka (penculik) nantinya membawa kabur anak dan menunggu sampai 3 jam jika situasi tidak memungkinkan maka dikembalikan ke lokasi semula," ujar Teuku Nasrulloh. 

Orang tua J dan Salsa, wanita kaya
Orang tua balita J dan Salsa, wanita kaya yang membawa jalan J bertemu di ruang Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Hendro Pandowo. 

Adalah Salsa, wanita kaya yang membawa jalan balita berinisial J tanpa sepengetahuan orang tuanya. Salsa membawa J dari wahana bermain Mall Paskal 23 ke Mall Paris Van Java yang hanya berjarak sekitar 2 kilo meter itu. 

Belakangan setelah 3 jam, Salsa kembali ke mall tersebut bersama J dan polisi mengamankannya. Orang tua J sudah melaporkan ke polisi dengan anak hilang. Ia juga telah mengunggah rekaman video CCTV, yang diperoleh dari petugas keamanan mall, ke media sosial dan viral.  

Nasrulloh menjelaskan pihaknya tidak mengetahui fakta-fakta apa yang ditemukan penyidik sehingga memutuskan wanita yang membawa balita tanpa sepengetahuan orang tuanya itu bukan penculikan, melainkan karena iba. 

Orang tua balita J bersama Kapolrestabes Bandung
Pertemuan orang tua J dan Sasa, wanita yang membawa jalan J selama 3 jam tanpa sepengatahun orang tuanya.

Akan tetapi, perilaku wanita kaya membawa balita tanpa sepengetahuan orang tuanya ke luar mall selama 3 jam dengan alasan iba itu tidak dibenarkan. Nasrulloh menyatakan jika iba, seharusnya wanita tersebut membawa balita ke security mall. 

"Kalau kasihan lapor polisi atau kantor keamanan tak bisa dibawa ke luar mall," ujarnya. 

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menjelaskan bahwa dugaan adanya penculikan anak tidak terjadi kepada anak kecil perempuan usia tiga tahun berinisial J tersebut. 

Wisnu menduga wanita kaya yang membawa jalan balita J ini mengerti media sosial sehingga mengembalikan anak tersebut ke mall semula. 

"Jadi itu kan viral di medsos, orang tua panik lalu lapor polisi, dan yang membawanya ini, mungkin ngerti sosmed akhirnya dikembalikan ke mall saat seorang ibu itu mengajak J," jelas Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, Rabu, 4 Juli 2018. 

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Hendro Pandowo mengatakan pihaknya awalnya sempat menduga ada itikad tidak baik seperti penculikan yang dilakukan seorang wanita terhadap balita di wahana bermain mall.

Wanita kaya membawa jalan balita tanpa sepengetahuan orang tuanya
Balita J dan orang tuanya saat di Mapolrestabes Bandung. 

Namun setelah begitu mengumpulkan bukti-bukti disimpulkan tidak terjadi penculikan. "Tapi hanya jalan-jalan, makan dan dibelikan baju," ujar Kombes Pol Hendro Pandowo. 

Hendro menyatakan orang tua J dan Sasa, pembawa bayi telah bertemu di depan petugas Polresta Bandung, dan telah mengklarifikasi tidak ada penculikan. Sasa, kata Hendro, juga telah meminta maaf karena sudah membuat rasa tidak nyaman.

Orang tua J pun telah mencabut laporan polisi. Hendro menambahkan orang tua J dengan Sasa sama sekali tidak saling kenal. Hanya saja, Sasa, merasa pernah melihat J yang merupakan teman dari putranya. "Semuanya sudah kembali dan secara umum semuanya terkendali," ujarnya.  MSA

Baca Selengkapnya

Home Sudut Pandang Kata Pakar Pakar: Bawa Balita Tanpa Orang Tuanya Tahu Itu Percobaan Penculikan

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan masuk terlebih dahulu
Silahkan tulis komentar kamu