13 Juta Pil PCC Siap Edar dan Darurat Narkoba di Negeri Ini

Estimasi Baca :

korban pil PCC. Foto: Ist/Kriminologi.id - Kriminologi.id
Korban pil PCC. Foto: Ist/Kriminologi.id

Kriminologi.id - Badan Narkotika Nasional atau yang dikenal sebagai BNN, ahad pagi menggerebek dua rumah, masing-masing di Semarang dan Solo, Jawa Tengah. Dari dua rumah, juga diringkus belasan orang dan dibeslah jutaan pil PCC siap edar. Ini merupakan tangkapan terbesar BNN, setelah selama lima bulan menyelidiki asal-usul PCC yang beredar di Kalimantan dan Sulawesi.

PCC adalah singkatan dari paracetamol, caffeine, carisoprodol. Deputi Pemberantasan BNN Irjen Arman Depari, September silam menjelaskan, pil ini biasa digunakan untuk menghilangkan rasa sakit. Sebagian digunakan untuk obat sakit jantung, dan bukan narkoba jenis flakka. Pil ini tidak bisa dibeli tanpa resep dokter. 

Baca: Kronologi Penggerebekan Pabrik 13 Juta Pil PCC di Solo dan Semarang

Pertengahan tahun lalu, PCC menghebohkan karena anak-anak ABG dan murid-murid SD di Kendari, Sulawesi Tenggara, mengkonsumsinya. Mereka mengalami mual-mual, pusing, tak sadarkan diri dan dirawat di rumah sakit. Dari 53 anak, seorang dikabarkan meninggal. 

Darimana, dari siapa, anak-anak di bawah umur itu mendapatkan PCC?

Baca: BPOM Sebut Penyebaran PCC Bentuk Perlawanan Mafia

Kepala BNN, Komjem Budi Waseso, kemarin menjelaskan, setelah diselidiki, pil-pil itu berasal dari Semarang dan Solo. Obat keras itu diproduksi tanpa izin sehingga tidak ada baku mutu, dan dianggap berbahaya.

Baca: KPAI Desak Pengedar Pil PCC Dijerat Pasal Berlapis

Dari penjelasan Budi dan Arman, jelas sudah, PCC adalah jenis obat berbahaya dan bukan narkotika. Tapi setelah penggerebekan di Semarang dan Solo, pekerjan rumah BNN belum selesai. BNN harus mejelaskan, mengapa anak-anak di Kendari mengkonsumsinya, dan untuk apa?

Baca: Penyalahgunaan PCC Untuk Anak-anak Sudah Terorganisir 

Penjelasan itu penting,karena pengguna narkoba di Kendari, sejauh ini terus meningkat. BNN mengumumkan, pengguna narkoba di Kendari memprihatinkan sebab terus bertambah. Tahun silam ada 138 kasus dan sebagian besar atau 107 kasus, menimpa pelajar. 

Baca: Efek Konsumsi Obat PCC, dari Kejang Hingga Tak Sadar

Apakah pelajar jadi target utama para bandar? Tampaknya iya. Dan mungkin itu sebabnya, pengguna narkoba di Indonesia terus bertambah jutaan orang tiap tahun. 

BNN punya tugas besar dan berat. Negeri ini sungguh-sungguh darurat narkoba. NL

Baca Selengkapnya

Home Sudut Pandang Warung Nula 13 Juta Pil PCC Siap Edar dan Darurat Narkoba di Negeri Ini

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan tulis komentar kamu